Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?

Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul? - Hallo sahabat Reski Network, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Game PC, Artikel Processor, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?
link : Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?

Baca juga


Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?

Processor dalam sebuah smartphone ibarat otak pada manusia, semua kinerja yang dihasilkan adalah hasil dari sebuah processor. Oleh sebab itu, sebuah processor yang digunakan harus terjamin kualitas dan kinerjanya. Hal ini tentu menjadikan ajang persaingan antar prabikan processor demi menjadi yang terbaik dari semuanya. Perkembangan produk processor terus dikembangkan guna mencapai tujuan menjadi yang terbaik dari semuanya. Ada tiga processor dari pabrikan berbeda yang kini merajai pasaran. Mereka bersaing guna untuk menjadi yang paling unggul dan terpercaya.

Exynos, Snapdragon dan Mediatek, bahwa ketiga processor inilah yang paling banyak dijumpai pada smartphone Android saat ini. Ketiga processor tersebut saling bersaing dengan membuat banyak macam processor yang mutakhir. Nah siapakah yang terbaik? Berikut review menurut jalantikus atas perbandingan dari processor terbitan Exynos, Snapdragon dan Mediatek.

PERBANDINGAN PROCESSOR EXYNOS, SNAPDRAGON DAN MEDIATEK

#1 Exynos

Prosesor asal pabrikan negara Korea ini tengah berada di puncak pasar penjualan ponsel pintar berbasis Android, yaitu Samsung. Prosesor Exynos bisa dibilang prosesornya orang ‘kaya’, karena kebanyakan yang memakainya adalah smartphone flagship dengan harga selangit, seperti dari Samsung sendiri, Galaxy S7 dan Note 7, lalu ada juga vendor lain yang menggunakannya seperti halnya flagship Meizu.

Ibarat pepatah, “ada uang ada barang”, chipset berharga tinggi ini bisa dibilang hampir tidak punya kelemahan. Performanya mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone menjadi menyenangkan, multitasking dan gaming pun minor dengan kata ‘lag’. Tapi, tetap saja ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna berdompet tebal.

#2 Snapdragon

Chipset yang merupakan saingan terberat dari Exynos ini, juga banyak dipakai oleh smartphone masa kini. Bermain di semua level, bawah, menengah dan atas, prosesor Snapdragon ini laris manis dipakai oleh banyak pabrikan smartphone. Harga yang lebih murah dan performa gahar bahkan setara Exynos, menjadi nilai jual bagi para vendor untuk ‘meminangnya’. Mereka juga kerap kali melahirkan teknologi prosesor terbaru yang belum ada.

Snapdragon mempunyai tiga tipe prosesor, ada versi 400 untuk entry-level, 600 di kelas menengah, dan terakhir 800 pada jajaran flagship. Prosesor pabrikan Qualcomm ini merupakan yang paling baik dari sisi kinerja dan efisiensi. Ketahanan terhadap konsumsi daya baterai dan pengolahan grafis tinggi juga merupakan kelebihan dari Snapdragon.

#3 MediaTek

Mencoba menyusup di tengah persaingan Snapdragon vs Exynos, MediaTek memberikan sebuah kejutan, saat beberapa waktu yang lalu mengeluarkan Chipset Helio X20, X25, dan X30 yang akan keluar tahun depan, bisa dibilang gila, karena memiliki 10 inti (core) yang pertama di dunia. Meski sempat melempem karena selalu bermain di jajaran bawah, akhirnya MediaTek menunjukkan taringnya saat mulai mengeluarkan prosesor seri P dan X.

Kini MediaTek pun cukup bisa dijajarkan dengan Snapdragon dan Exynos. Belum benar-benar bisa menyaingi kedua rivalnya tersebut, walaupun MediaTek mengklaim mereka lebih baik. Ya, pasalnya MediaTek belum mampu memaksimalkan kinerja dari chipsetnya, meski di seri X kekurangan itu tidak terlalu signifikan. Namun, dengan keseriusan dan optimisme yang diperlihatkan, bukan tidak mungkin di tahun mendatang MediaTek menjadi prosesor yang paling diunggulkan serta dapat menjadi kompetitor yang kuat lawan Exynos.

Oh ya, ada sebuah kelebihan dari MediaTek yang belum mampu diikuti pabrikan lain yaitu, harganya yang murah meski itu seri X. Lihat saja Xiaomi Redmi Pro yang mengusung Helio X25, dengan ‘mahar’ 3 hingga 4 juta kita sudah bisa merasakan performa flagship.

Simpulan

Membandingkan antar prosesor mungkin tidak akan menemukan jalan keluar dan belum bisa menentukan yang paling terbaik, meskipun pabrikan mengklaim merekalah yang terbaik dan tentunya para pengguna. Setiap processor memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Melalui ulasan di atas, mungkin yang dapat kita simpulkan dari perbandingan prosesor Android tersebut adalah dari range harga dan kebutuhan masing-masing user. Jika kamu adalah ‘hardcore user’, kamu dapat memilah antara Exynos dan Snapdragon, namun jika kamu tidak memiliki budget yang banyak tapi tetap ingin merasakan performa tangguh kamu dapat memilih MediaTek seri P atau X.

sumber: jalantikus


Demikianlah Artikel Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?

Sekianlah artikel Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul? dengan alamat link https://reskinetworkblog.blogspot.com/2017/04/exynos-vs-snapdragon-vs-mediatek.html

0 Response to "Exynos vs Snapdragon vs Mediatek, Manakah yang Paling Unggul?"

Posting Komentar